Cara Mengatasi CPU usage 100% dan explorer.exe yang Sering Hang November 2014

Cara Mengatasi CPU usage 100% dan explorer.exe yang Sering HangPada bahasan kali ini saya akan berbagi tips untuk mengatasi permasalahan dalam Windows, yaitu CPU Usage 100% terus, dan windows explorer yang sering hang / not responding.Awal kejadiannya saya tidak mengerti betul tentang sesuatu yang disebut dengan Hang pada Windows Explorer / Not responding.

Suatu ketika laptop saya Dell Inspiron N4010, tiba - tiba sering mengalami Not responding. Karena masih awam pikiran saya hanya tertuju bahwa Laptop saya ini tidak apa - apa, mungkin hanya karena lagi error sedikit entah pada bagian apanya itu.

Namun kejadian ini terus berlanjut, terjadi dan terjadi lagi. Tidak hanya pada Windows Explorer saja. Tapi aplikasi lain juga ikut - ikutan sering Not Responding. Hadechchchch!!!, jadi bingung kan. Klimaksnya adalah pada saat saya main Game Modern War Fare 2, tiba - tiba Game berhenti dan terjadi Not Responding. Kemudian laptop saya log off dulu, untuk menutup aplikasi game yang hang tersebut.

Setelah log in ke laptop lagi, saya mencoba untuk refresh dekstop saya, namun setelah refresh 3 kali, apa yang terjadi. Dekstop saya ikut hang dan fungsi klik kanan dan klik kiri di Dekstop jadi Disable. Icon Taskbar pun juga tidak berfungsi, kecuali tombol start. Akhirnya saya restart laptop saya, dan setelah refresh tiga kali Dekstop menjadi aneh kembali.

Untuk kali ini saya tidak main2. Hemm, Setelah berfikir - fikir, mungkin windows saya (saya memakai Windows 7 Ultimate) telah crash(rusak) dan perlu reinstalling, namun saya malas untuk install ulang. Atau mungkin komputer saya sudah terjangkit virus, namun komputer saya sudah terinstall Antivirus. Tambah bingung ajj, Akhirnya saya coba Cari Solusi lain ke Google.com dan ternyata saya menemukan jawabannya.

Setelah melakukan Troubleshooting dan searching di google, akhirnya saya mengetahui permasalahannya. Berikut cara mengatasinya :
  1. Scan komputer dengan Program pembasmi Adware, Malware, Spyware.

    1. Adware, Malware dan Spyware berbeda dengan Virus. Adware dan Malware adalah program - program jahat yang memperlambat kinerja komputer, sedangkan Spyware adalah Program jahat yang memata - matai komputer anda dari jauh, bila komputer anda terkoneksi ke internet.
    2. Cara Mengatasi CPU usage 100% dan explorer.exe yang Sering Hang
    3. Anda dapat menanganinya dengan program Super Anti Spyware, Program ini dapat anda download di website resminya di http://www.superantispyware.com. Setelah anda download dan menginstallnya, saya sarankan jangan menscan terlebih dahulu, tapi update lah dahulu databasenya. Untuk mengaktifkannya anda bisa download keygennya di SINI.

  2. Disable Program - program aneh yang berjalan pada Startup Windows.

  3. Cara Mengatasi CPU usage 100% dan explorer.exe yang Sering Hang
    1. Saat windows start up, perhatikanlah!! jika telalu banyak program yang berjalan saat saat tersebut. Maka bisa saja itulah yang menghambat kinerja komputer anda. Bahkan tanpa anda sadari program tersebut berjalan di windows Startup.
    2. Tekan windows + R, atau masuk ke program Run. Ketikkan "msconfig", lalu akanmuncul jendela System Configuration Utilities, kemudian anda klik Tab StartUp, Uncheck program - program yang tidak penting.

  4. Hapus Key InProcServer32 pada regedit

    1. Apabila cara pertama dan kedua tidak berhasil, anda dapat menggunakan cara ini.Yaitu denga menghapus Key InProcServer32 di Registry Editor. Karena Key ini berfungsi untuk membaca semua file media seperti .AVi, .FLV, .MP4 dan lain - lain, Sehingga membuat kerja windows Explorer menjadi lebih berat, dan mengakibatkan Hang dan CPU Usage tinggi.
    2. Cara menghapusnya adalah, tekan Windows + R, atau masuk program RUN. Lalu ketikkan "regedit", kemudia anda akan masuk ke program Registry Editor. Kemudian anda masuk ke HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{c5a40261-cd64-4ccf-84cb-c394da41d590}\InProcServer32. Backup terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada Key InProcServer32 - Export. Setelah di backup, hapus key tersebut dan restart komputer kamu.
    3. Catatan : Jika di dalam komputer windows 7 anda tidak ada Key InProcServer32, periksalah apakah di dalam komputer anda terinstall Media Player Classic/K-Lite. Jika ada coba anda uninstall program tersebut, restart komputer dan lihat perbedaannya.

SELAMAT MENCOBA !!!


Terima Kasih Telah Berkunjung ke Web Lowongan Kerja Resmi Terbaru ini. Anda dapat menerima Info Rekrutmen Karir Terbaru dari Perusahaan BUMN, BANK, CPNS dan Perusahaan lainnya dengan KLIK and FOLLOW Akun Google+ dibawah.

Cara Mengatasi CPU usage 100% dan explorer.exe yang Sering Hang Title : Cara Mengatasi CPU usage 100% dan explorer.exe yang Sering Hang
Updated at : Friday, March 07, 2014
Posted by :