Menambahkan Emulation graphics.h di kompiler C/C++ November 2014


Graphics Emulation dengan pustaka graphics.h digunakan dulunya pada sistem operasi DOS. Penggunaan pustaka ini pada Compiler Turbo C pada tahun 1994. Pustaka ini standar pustaka grafik yang dikeluarkan oleh Borlad BGI Emulation, yang di distribusi  Michael Universitas Colorado. Sebenarnya sekarang, sejak ada windows baik 32 bit atau 64 sudah banyak pustaka-pustaka lain yang lebih banyak fitur-fitur, seperti Glut untuk OpenGL,Direct3D dari Microsoft dan lain-lain.
Saya menggunakan pustaka ini karena beberapa buku komputer grafik masih menggunakannya dalam beberapa program, seperti program yang baru saya dapat yaitu metode Bresenham. Metode ini menjelaskan bagaimana membuat garis dengan kesalahan sedikit mungkin, dan programnya menggunakan bahasa C .
Saya sudah berhasil menginstall dan mengkonfigurasi di IDE CodeBlocks dengan kompiler Mingw. Setelah itu saya mencoba program sederhana untuk melihat apakah pustaka tersebut berjalan dengan  baik. Dari tutorial yang didapat, pustaka graphics.h bisa bekerja di selain IDE CodeBlocks seperti Microsoft Visual C++, Netbeans, Bloodshed Dev C++, Eclipse. Pustaka graphics.h gratis dan bisa didapat dengan mudah di internet.
Langkah-langkah untuk setting graphics.h di GNU Mingw ialah:
  1. Install IDE C/C++ ( CodeBlocks,Microsoft Visual C++, Netbeans, Bloodshed Dev C++, Eclipse) dan Kompiler Mingw. Ada beberapa IDE sudah ada kompiler didalamnya, seperti Codeblocks,MS Visual C++. Saya disini menggunakan Codeblocks.
  2. Download WinBGIm di http://codecutter.org/tools/winbgim/ dan ekstraks filenya.  Didalamnya berisi 3 buah file yang berekstensi .h dan berekstensi .a, yaitu graphics.h, winbgim.h dan libbgi.a.
  3. Copy file graphics.h, winbgim.h ke Folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\include dan file  libbgi.a ke C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib. Ini untuk CodeBlocks dan Mingw, untuk IDE lain cocok dengan melihat Mingw foldernya.
  4. Tambahkan link library pada IDE Codeblocks, tambahkan 6 file yaitu : libbgi, libgdi32, libcomdlg32, libuuid, liboleaut32, libole32. Untuk menambah 6 file ini di CodeBlocks melalui menu : Settings> Compiler and debugger..> Linker settings > Add dan masuk ke folder C:\Program Files\CodeBlocks\MinGW\lib pilih 6 file diatas.  Setelah dipilih akan tampak seperti gambar dibawah . Untuk IDE selain CodeBlocks, cocokkan dengan IDE itu sendiri.
  5. Buat program C dengan memasukan header graphics.h, seperti kode program dibawah ini
    #include <graphics.h>
    #include"conio.h"
     int main()
    {  int gd=DETECT, gm;
    initgraph(&gd, &gm, "");
    circle(330,180,100);
    rectangle (10,30,500,400);
    ellipse(100,150,0,360,100,50);
    arc(120,160,300,90,70);
    line(100,50,100,400);
    getch(); closegraph();
    restorecrtmode ();
    }
  6. Program diatas dikompile akan menghasilkan grafik seperti gambar di bawah

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Web Lowongan Kerja Resmi Terbaru ini. Anda dapat menerima Info Rekrutmen Karir Terbaru dari Perusahaan BUMN, BANK, CPNS dan Perusahaan lainnya dengan KLIK and FOLLOW Akun Google+ dibawah.

Menambahkan Emulation graphics.h di kompiler C/C++ Title : Menambahkan Emulation graphics.h di kompiler C/C++
Updated at : Friday, December 02, 2011
Posted by :